" My Parent "

Jumat, 20 Mei 2011

Amalan Lailatul Qadr

1.Menghidupkan malam 
Artinya, beliau menghidupkan seluruh malamnya, dan kemungkinan juga beliau menghidupkan sebagian besar daripadanya. Dalam shahih muslim dari 'Aisyah r.a., ia berkata : "Aku tidak pernah mengetahui Rasulullah SAW shalat malam hingga pagi."

2.Membangunkan seluruh keluarga
Rasulullah SAW membangunkan keluarganya untuk shalat pada malam-malam sepuluh hari terakhir, sedang pada malam-malam yang lain tidak. At-Thabarani meriwayatkan dari Ali r.a. : "Bahwasanya Rasulullah SAW membangunkan keluarganya pada sepuluh akhir dari bulan Ramadhan, dan setiap anak kecil maupun orangtua yang mampu melakukan shalat."

3.Mengencangkan kain
Rasulullah SAW menjauhkan diri dari menggauli isteri-isterinya. Diriwiyatkan bahwa beliau tidak kembali ke tempat tidurnya sehingga bulan Ramadhan berlalu. Dalam hadits dari Anas r.a. disebutkan : "Dan beliau lalu melipat tempat tidurnya dan menjauhi isteri-isterinya (tidak menggauli mereka)."

4.Mandi antara maghrib dan isya
Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Aisyah r.a. : "Rasulullah SAW jika bulan Ramadhan (seperti biasa) tidur dan bangun. Dan manakala memasuki sepuluh hari terakhir beliau mengencangkan kainnya dan menjauhkan diri dari (menggauli) isteri-isterinya, serta mandi antara maghrib dan isya.

5.I'tikaf
Dalam shahihain disebutkan, dari Aisyah r.a. : "Bahwasanya Nabi SAW senantiasa ber-i'tikaf pada sepuluh hari terakhir dari Ramadhan, sehingga Allah mewafatkan beliau. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar